Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama Nama Bulan Bali (Sasih)

Hindubali.com - Om Swastyastu, semoga semua dalam keadaan sehat walafiat dan tidak kekurangan apapun. Kali ini saya akan memberikan informasi tentang nama-nama bulan yang ada di Bali atau disebut juga Sasih.

Kalender Kuno Bali (Tika)

Warga Bali memiliki namanya perhitungan sasih yang jumlah harinya sama setiap bulannya sehingga masyarakat bali punya yang namanya kalender Bali yang di gabung dengan kalender masehi.

Di dalam perhitungan Bali dikenal adanya 12 sasih (bulan) dimana tiap-tiap bulan terdiri dari 35 hari. Keduabelas sasih tersebut antara lain: Kasa, Karo, Katiga, Kapat, Kalima, Kanam, Kapitu, Kawolu, Kasanga, Kadasa, Jiyestha, Sadha.

Seperti yang kita ketahui kalau masyarakat Bali memiliki perhitungan tahun memakai perhitungan tahun Saka ( 12 sasih)  yang di sambut setiap tahun sekali yakni setiap hari raya Nyepi yang merupakan pergantian tahun Caka di Bali yang jatuh setiap sasih Kesanga.

Artinya ada hari raya hindu yang datangnya setiap tahun (12 sasih) sekali misalnya seperti hari raya Nyepi setiap sasih Kesanga ada juga hari Siwalatri yang jatuh setiap sasih kepitu.

Jadi dengan demikian satu tahun Hindu itu berdasarkan 12 sasih yang ada adalah 12 x 35 = 420 hari. Dengan perhitungan sasih ini setiap upacara yang memakai perhitungan sasih maka hari jatuhnya upacara sudah pasti.

Perhitungan sasih ini juga didukung oleh adanya Wuku (Pawukon), setiap satu sasih (bulan) akan ada 5 wuku karena umur 1 wuku itu adalah 7 hari jadi saat kita menghitung sasih tidak lepas juga dari perhitungan Wuku.

Misalnya hari raya Galungan yang jatuh setiap enam bulan sekali (210 hari) Wuku Dungulan dan hari Rabu, maka hari raya Galungan yang akan datang akan seterusnya jatuh pada wuku dungulan dan juga hari rabu.

Selain itu leluhur kita sejak lama memakai atau mempelajari ilmu astrologi memakai Sasih, dimana saat sasih tertentu merupakan musim hujan dan sasih tertentu merupakan musim kemarau, sehingga para petani bisa mengatur untuk bercocok tanam berdasarkan sasih,

Ada juga hari baik dan hari buruk yang dipakai berdasarkan sasih, misalnya sasih ini merupakan dewasa ayu untuk menikah, atau ada juga sasih tertentu hari yang baik untuk melakukan upacara Pitra Yadnya dan lain-lain.

Nah mungkin hanya itu informasi singkat tentang nama-nama sasih yang ada di Bali, semoga bermanfaat dan terima kasih. Om Santhi, santhi, santhi Om.

Posting Komentar untuk "Nama Nama Bulan Bali (Sasih)"