Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Kalender Bali untuk Mengetahui Tanggal Lahir Berdasarkan Otonan

Hindubali.com -  Om Swastyastu, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan informasi tentang aplikasi untuk HP Android untuk mengetahui tanggal Lahir berdasarkan otonan bali. Selama ini mungkin masih banyak yang belum tahu Tanggal lahirnya secara pasti karna hanya tahu otonan dan tahun lahirnya saja.

Aplikasi Otonan Bali untuk Mengetahui Otonan Bali Berdasarkan Tanggal Lahir


Otonan kelahiran merupakan hari ulang tahun versi Bali yang datang setiap enam bulan sekali atau 210 hari berdasarkan perhitungan Panca wara  ( Umanis, Paing, Pon, Wage, Kliwon), sapta wara (nama hari)  dan Wuku. Dari ketiga unsur itulah otonan hari lahir di tentukan. Nah kadang orang Bali pada zaman dulu yang diketahui cuma otonannya saja dan tahun lahirnya tanpa tahu tanggal lahir secara pasti.

Selain itu ada juga pengaruh waktu / jam lahir untuk menentukan otonan kelahiran. Biasanya otonan ditentukan memakai kalender saka dimana hari baru dimulai setiap pukul 06.00 pagi dan berakhir sampai besok pagi juga (24 jam). 

Sebagai contoh, misalnya ada orang lahir tanggal 13 Juli 2023 pada pukul 10.00 pagi. Maka untuk menentukan hari otonannya kita pakai tanggal itu juga. Sedangkan jika ada yang lahir tanggal 14 juli 2023 pukul 01.00 wita (tengah malam) maka perhitungan hari otonannya kita pakai tanggal 13 Juli 2023. Namun peraturan ini baru berlaku sekitar tahun 1990an. Jadi yang lahir tahun jauh sebelum itu mungkin tetap memakai tanggal lahir tidak peduli lahir jam berapa.

Saat ini sudah ada aplikasi otonan bali untuk menentukan tanggal lahir berdasarkan otonan. Dengan aplikasi ini kita bisa cek otonan secara online hanya lewat HP saja dan kemudian kita bisa tahu hari dan tanggal, bulan lahir kita

Bagi kamu yang berminat untuk mengetahui tanggal lahir secara online, kamu cukup unduh saja aplikasi Kalender Bali di HP Android kamu, aplikasi ini gratis, jadi bisa dibilang aplikasi Kalender Bali ini merupakan kalkulator otonan Bali yang sedang kamu cari untuk menentukan tanggal lahir kamu.

Pada aplikasi itu banyak sekali informasi tentang perhitungan kalender Bali yang bisa kamu dapatkan, salah satunya adalah untuk mengetahui hari tanggal lahir berdasarkan otonan, silakan cek otonan kamu secara online pada aplikasi itu dan nanti kamu bisa tahu tanggal lahir kamu.

Karena dalam satu tahun masehi itu bisa ada dua otonan, maka kamu harus tahu beberapa clue atau petunjuk dari kelahiran kamu, sehingga bisa mendapatkan tanggal lahir kamu dengan tepat


Sebagai contoh, seperti pertanyaan diatas, ada yang otonannya Soma, Umanis, Sungsang lahir tahun 1968 dan cluenya adalah 9 hari sebelum galungan. Nah ini sangat mudah sekali untuk menentukan tanggal lahirnya. Seperti biasa kita cari dulu hari lahir dengan otonan itu pada tahun 1968 dan hasilnya adalah tanggal 13 Mei 1968 dan 9 Desember 1968.

Selanjutnya kita cari hari galungan pada tahun 1968 berapa kali ada Galungan pada tahun itu, dan hasilnya adalah 22 Mei 1968 dan 18 Desember 1968, nah dari clue kelahiran yang ada yakni 9 hari sebelum Galungan. Jadi kita cek tanggal otonannya yakni 13 Mei 1968 apakah cocok 9 hari sebelum Galungan?  dan hasilnya cocok. Sedangkan yang tanggal 9 Desember 1968 juga cocok 9 hari sebelum galungan.

Jadi bagaimana cara menentukan tanggal lahir yang tepat? yakni dengan mengetahui dari rasi bintangnya / Zodiaknya nah untuk tanggal 13 Mei 1968 itu zodiaknya Taurus, sedangkan untuk tanggal 9 Desember 1968 itu Zodiaknya Sagitarius. Jadi silakan pilih tanggal lahirnya sesuai dengan Zodiaknya.

Baiklah mungkin hanya itu informasi kali ini tentang aplikasi kalender bali supaya bisa cek otonan online, cek tanggal lahir berdasarkan otonan Bali atau sebaliknya, atau sekedar mengetahui wuku dan hal lainnya.

Jika masih ada yang tidak paham dengan apa yang saya jelaskan pada artikel ini, silakan hubungi Telegram di bawah ini untuk mengetahui otonan Anda berdasarkan tanggal lahir atau tangal lahir berdasarkan otonan, silakan kirim tanggal lahir dan jam lahir atau hari otonan Anda. (klik saja, langsung diarahkan ke telegram)



Bagi kamu yang tidak tahu cara memakainya, saya akan berikan video tutorial tentang cara mengetahui tanggal lahir memakai aplikasi kalender bali, silakan simak videonya di bawah ini. Suksma Om Santhi, Santhi, Santhi Om

Posting Komentar untuk "Aplikasi Kalender Bali untuk Mengetahui Tanggal Lahir Berdasarkan Otonan"